Daftar Kuliner di Boyolali Lezat dan Menggiurkan Lidah

Pernah berkunjung ke Boyolali? Apa yang anda dapatkan saat di sana? Tentunya wajib mencoba beberapa daftar kuliner di Boyolali. Banyak sekali ragam kuliner yang tak bisa disepelekan. Lidah anda wajib mencicipinya.

Daftar Kuliner di Boyolali

Boyolali merupakan salah satu kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Secara administratif masih masuk wilayah Solo Raya. Kabupaten Boyolali memang tidak terlalu luas, namun banyak keunggulan di dalamnya. Berbagai macam kuliner khas Boyolali bisa anda temui di sepanjang jalan.
Terlebih lagi Boyolali merupakan kota penghasil susu sapi terbaik di Jawa Tengah. Masyarakat biasanya melakukan setor susu ke perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.
Anda yang baru pertama kali mengunjungi Boyolali dan belum mengerti kuliner apa saja yang ada disana, wajib menyimak ulasan di bawah ini.

Warung Sego Tumpang

Yang pertama dan utama wajib dikunjungi saat berada di Boyolali adalah warung sego tumpang. Kuliner satu ini sangat legendaris dan banyak peminatnya. Anda tak boleh melewatkan sego tumpang yang khas di Boyolali.
Makanan ini terbuat dari tempe busuk yang ditumbuk. Dengan bumbu bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan cabai. Nantinya semua bumbu dan tumbukan tempe busuk akan direbus dan diberi bumbu dengan santan hingga matang.
Mengapa menggunakan tempe busuk? Ya, tempe busuk ini sengaja dibusukkan karena memberikan rasa uang khas pada sego tumpang. Biasanya makanan ini disajikan dengan sayur sebagai pelengkapnya.

Jenang Pecel

Daftar kuliner di Boyolali yang juga tak boleh anda lewatkan adalah jenang pecel. Termasuk makanan tradisional khas Boyolali yang sangat banyak peminatnya. Namun, jenang pecel kini makin sulit ditemukan. Sebab banyak orang yang menjual kuliner modern.
Anda bisa menemukan jenang pecel di warung-warung kecil. Biasanya banyak terdapat di perkampungan penduduk. Ada juga yang berjualan keliling sambil memakai gendongan. Wah menarik bukan?
Walaupun tergolong makanan tradisional, rasanya tidak kalah dari makanan zaman sekarang. Justru rasa khasnya yang menjadikan jenang pecel banyak diminati. Uniknya lagi makanan ini disajikan dengan menggunakan daun pisang. Harganya pun juga murah meriah.

Tahu Susu Boyolali

Asing dengan nama tahu susu? Makanan jenis ini bukanlah makanan yang terbuat dari tahu yang dicampuri susu sapi. Melainkan tahu ini terbuat dari susu sapi betina yang baru saja melahirkan.
Karena susu sapi yang baru melahirkan tidak laku dijual, masyarakat membuatnya menjadi makanan yang bernilai ekonomis. Makanan tahu susu ini sangat langka, karena hanya tersedia banyak jika sapi-sapi betina melahirkan.
Cara membuatnya cukup mudah. Susu sapi betina yang baru saja melahirkan diperas. Kemudian ditambahkan bumbu halus berupa ketumbar, bawang putih, dan garam. Setelah itu susu sapi dikukus hingga matang. Jika sudah matang, tahu dipotong dan digoreng.

Nasi Urap Sambal Tumpang

Menu ini ada di warung soto nggoper. Selain menyediakan menu soto yang tak kalah lezatnya, juga tersedia menu nasi urap sambla tumpang.
Orang Boyolali asli menyebutnya dengan sambal lethok. Menu ini justru lebih banyak dilarisi daripada menu soto yang ada di warung soto nggoper.

Merbabu Penyet

Wah namanya unik bukan? Jangan salah tempat jualan menu makanan merbabu penyet juga unik. Ruangannya memiliki desain seperti toko di film koboi.
Penyetan yang ada di warung ini memiliki banyak varian sambal yang bisa anda pilih. Bahkan tak hanya ayam penyet, di sini juga tersedia lele penyet, bebek, dan jamur crispy.

Jadah Bakar

Menu jadah bakar semakin populer tatkala adanya jalur Solo – Borobudur. Dulu jadah bakar hanya biasa dinikmati oleh masyarakat Selo saja, namun seiring perkembangan dunia pariwisata masyarakat luar juga bisa menikmati jadah bakar.
Jadah ini dibakar di atas tungku arang. Nikmat dimakan saat masih panas. Harganya yang murah meriah menjadikan jadah bakar sebagai daftar kuliner di Boyolali yang tak bisa dilewatkan.

Soto Mbok Giyem

Warung soto milik mbok Giyem ini sangat terkenal di Boyolali. Tak sedikit orang yang menjadikan warung ini sebagai tempat tujuan untuk mengisi perut. Bahkan banyak orang yang mengatakan bahwa warung soto ini merupakan penanda bangkitnya kuliner di wilayah Boyolali.
Warung soto mbok Giyem selalu ramai setiap harinya. Menyediakan menu soto khas Boyolali yang sangat lezat dan nikmat. Soto disajikan dalam mangkok kecil dengan isian daging sapi maupun suwiran ayam. Ada kecambah dan taburan bawang goreng serta keripik kentang di atasnya.
Jika anda berkunjung ke Boyolali jangan lupa mampir ke jalan Garuda. Tepatnya di selatan pasar sunggingan. Berhadapan langsung dengan SDN 5 Boyolali.

Bebek Goreng Pak Pinggir

Kuliner bebek goreng Pak Pinggir mungkin sudah tidak asing lagi didengar oleh warga Boyolali. Warung ini tidak hanya menyediakan bebek goreng saja. Di sana juga tersedia ayam goreng dan burung dara goreng. Yang paling menjadi primadonan memanglah bebek gorengnya.
Terletak di pinggir jalan yang berada di kawasan Pengging. Kini sudah banyak cabang dari warung ini alias sudah semakin berkembang pesat. Apalagi letak cabangnya yang sangat strategis membuat warung ini semakin ramai tiap harinya.
Yang menarik dari bebek goreng pak Pinggir adalah rasa gurih dan tidak tercium aroma khas bebek yang anyir. Anda pasti akan ketagihan jika sudah pernah mencobanya.

Warung Iga Pak Wid

Daftar kuliner di Boyolali yang terkenal dengan menu iga bakarnya adalah warung iga Pak Wid. Tempat ini sangat populer di kawasan Boyolali sebab rasa iga bakarnya yang mantul juara sekali. Iga bakar dengan siraman kuah yang berwarna kecoklatan sangat menggugah lidah anda.
Harga dari iga bakar ini juga terbilang murah. Hanya dengan 30 ribu anda sudah bisa menikmati kelezatan iga bakar yang dipadukan dengan kuah bening sebagai penetralisir rasa iga yang mencolok.

The Milk Boyolali

Sudah dikatakan di atas bahwa Kabupaten Boyolali merupakan penghasil susu sapi terbaik di Jawa Tengah. Ada banyak sekali kuliner susu di sana. Namun, anda tidak boleh memandang sebelah mata The Milk Boyolali.
Ini merupakan tempat yang menjual susu asli Boyolali. Kurang lengkap rasanya jika anda tidak mencicipi susu sapi segar khas Boyolali ini. Di sana anda juga bisa nongkrong bersama kerabat maupun teman-teman anda.
Suasana yang syahdu sangat pas bagi anda yang berwisata sambil menikmati hidangan susu sapi segar. Harga yang tersedia juga sangat terjangkau apalagi bagi anak muda. Anda bisa memilih tempat di rooftop agar bisa menikmati suasana yang lebih romantis. Tersedia dengan berbagai kemasan modern dalam varian rasa yang beragam.
Masih banyak lagi daftar kuliner di Boyolali yang wajib anda kunjungi saat berada di sana. Atau luangkan sejenak waktu anda untuk menengok wisata kuliner khas Boyolali yang lezat dan menggiurkan. Berwisata sambil kulineran adalah hal mudah yang bisa anda lakukan untuk quality time bersama teman dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *