Industri Seni Tembaga Melayani Konsumen Kota Palembang . Kampung Tumang, Jateng berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg terkenal . Kampung Tumang tersebut dikenal sebagai sentra pengusaha kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada masyarakat Tumang, Jateng. Banyak family Boyolali membangun usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke bermacam konsumen. Keahlian menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yg bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn cuma membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, wajan, baskom, serta lain-lain akan tetapi sekarang ini telah mengubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan eksterior restoran, rumah, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Jateng, sekarang, mulai menggeliat dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam wilayah di NKRI serta luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya merupakan hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi website maka mau membantu para industri kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah serta banyak negara. Teknologi website cukup membantu para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg tertolong merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke pekanbaru. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke ternate.


Contoh Kerajinan Kuningan merupakan lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, serta lainnya. Pembeli juga bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki desain pribadi lalu AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin saja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga cukup bervariasi akan tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini ini merupakan beberapa faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yg dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya jg murah dikarenakan bahan yg dipakai jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Permasalahan para industri kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Problem lainnya, industri Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa mendapat harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu bermimpi kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga harus inovatif serta harus menyesuaikan permintaan masyarakat. Saat ini AA Gallery tak cuma mendapat permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan interior hotel namun telah merambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak cuma satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center tersebut telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari sabang. Berbekal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu cara untuk membuat kerajinan logam yg bermutu serta sesuai yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg penting pelanggan puas.